Tak bisa dipungkiri ban jadi salah satu faktor penting yang terpasang di mobil. Selain fungsinya sebagai penyangga kaki-kaki, kondisi dan tekanan ban yang baik juga sangat berpengaruh pada efisiensi bukaan gas mobil anda. Tapi tahukah anda kalau banyak faktor penting seputar ban yang tentu saja mempengaruhi gerak laju mobil itu sendiri? Satu contohnya ialah karet ban yang kerap bersentuhan langsung dengan jalan. Kebanyakan mobil baru sekarang memang sudah datang dengan karet ban mantap yang disesuaikan dengan rangka dan ukuran velg ban itu sendiri.
Namun beberapa antusias otomotif nyatanya hobi melaju kencang di jalan, oleh karena itu kinerja ban yang baik patut diperhatikan. Banyak hal yang perlu diperhatikan seputar kondisi ban dan 3 diantaranya yang saling berkaitan ialah tipe kembangan, keseimbangan dan tekanan ban.
1. Model kembangan
Secara umum, kinerja ban seperti yang ditemukan pada Mitsubishi Eclipse adalah model kembangan ban kering. Tapi jika anggaran anda memungkinkan, lebih baik untuk mempertimbangkan memiliki satu set ban kering dan satu set ban basah. Hal ini menjadi perlu terlebih bila anda tinggal di wilayah yang memiliki kondisi cuaca yang sering berubah-ubah. Khusus untuk anda yang ingin mengetahui lebih jelas tentang ban perhatikan penjelasan berikut:
- Teliti seputaran "V" cut kembangan pada permukaan ban hal tersebut akan memberikan pengamanan yang optimal di kedua cuaca baik basah ataupun kering.
- Ban dengan desain kembangan asimetris akan sangat baik terutama dalam hal kontrol yang maksimal. Tipe ini membuat handling makin halus, tetapi anda harus mengganti semua ban pada waktu yang sama karena tipe ini tidak cocok untuk ditukar-tukar posisinya satu-satu.
- Tipe spek balap halus (soft-racing spec) adalah ban yang memberikan daya cengkram yang sangat baik, tetapi penggunaan atau lama masa pakainya akan sangat cepat.
- Ban kering (in dry conditions), daya cengkram terbaik berasal slick-surfaced ban, tanpa menginjak satu sama sekali, tetapi ini adalah tipe ilegal untuk digunakan pada jalanan di berbagai tempat.
- Ban dengan karet besar adalah satu tipe briliant dengan diamond-style grooves dan sangat aman serta legal untuk jadi alternatif dipakai di banyak jalan.
2. Keseimbangan
Sementara untuk velg yang agak sedikit lebih besar mampu menopang ban model standar, lebih baik untuk gripping (karena sensitifitas peningkatan kontak dengan jalan) maka ban harus seimbang setidaknya setiap tahun. Beberapa tips umum seputar keseimbangan velg dan ban :
- Tidak boleh ada ban yang berbeda (ukuran, usia, model, kembangan, merk) dan harus pada setiap roda.
- Letakkan ban baru di gandar belakang. Ingat juga bahwa semua ban yang memiliki peringkat tinggi selama tes di trek bisa dijadikan alternatif pilihan.
3. Tekanan
Tekanan ban menjadi penting dan harus disesuaikan dengan model kembangan yang anda pilih. Ikuti petunjuk produsen ban mengenai tekanan yang dianjurkan untuk kecepatan kendaraan secara umum. Disitu anda akan menemukan bahwa kondisi ban akan jauh lebih baik dan lebih dapat diprediksikan kapan waktunya harus diganti. Pemeriksaan seputaran tekanan ban sebaiknya dilakukan setiap seminggu sekali.
Perhatian khusus terhadap 3 komponen diatas akan menjauhkan anda dari kerusakan yang parah sekalipun. Tentu saja, ban rentan terhadap kerusakan dan Anda harus melakukan inspeksi visual terhadap ban anda sebelum terlibat berkendara langsung di jalanan. Yups teliti lagi kondisi ban anda sekarang......... ! [mot/timABT]
by http://www.autoblackthrough.com
0 comments:
Posting Komentar