Menjelang sebuah event kompetisi otomotif jelaslah jadi kesibukan tersendiri bagi para mekanik tak terkecuali penggemar gelaran olah raga off road. Dengan tujuan agar tak terjadi kendala saat harus berlaga maksimal setelah line up (start), seluruh persiapan penting mendapat perhatian mulai dari kondisi sang joki ataupun juga kondisi prima bagian jantung pacu. Untuk itulah perlu dilakukan check up secara menyeluruh mulai dari mesin itu sendiri hingga perangkat pendukungnya, agar didapat performa yang maksimal.
Sosok kendaraan Four Wheels Drive (4WD) yang ekstrim juga menuntut persiapan yang ekstra. Menurut Imam dari AMS, spesialis 4WD memberi masukan mengenai langkah-langkah standard yang wajib dilakukan sebelum mengikuti sebuah event. Berikut tips-nya :
1. Tune up mesin menjadi hal mutlak yang harus dilakukan. Hal tersebut melingkupi setel klep, ganti oli secara keseluruhan mulai dari oli mesin, oli gardan, oli transmisi dan oli transfer. Selanjutnya ialah mengganti filter udara, filter solar, dan tak lupa filter oli juga harus diganti.
air filter & fuel filter
Oil Filter & Engine Mounting
2. Langkah berikutnya, yakni mengganti selang-selang bahan bakar solar. Penggantian selang ini dimulai dari selang tangki menuju ke bosh pomp atau nozzel (pompa solar). Tetapi ada baiknya sebelum melakukan penggantian dicek terlebih dahulu kelayakan dan usia pemakaian dari selang-selang tersebut, jika memang masih memungkinkan tidak perlu diganti.
3. Tidak hanya mesin yang harus prima tetapi perangkat pendukung yang terkadang luput dari perhatian kita seperti engine mounting, engine mounting transmisi, engine mounting transfer, juga wajib diperiksa kelayakannya. Ketiga perangkat tersebut memiliki peran yang cukup vital, mengingat medan off road yang cukup menantang dan berpengaruh terhadap posisi mesin saat harus berada diputaran rpm tinggi. Sehingga saat getaran mesin cukup besar dengan posisi yang tidak datar, ketiga perangkat tersebut dapat tetap bekerja maksimal.
4.Tahap penting selanjutnya yaitu mengecek kebocoran oli yang terjadi pada mesin, karena bila tidak terdeteksi dini maka dapat berakibat fatal, seperti berkurangnya oil ditengah berlangsungnya event. Jangan lupakan juga peranan air radiator. Kontrol senantiasa temperatur mesin, pressure oli, apakah berada pada posisi normal atau tidak.
5. Cek pengabutan bahan bakar solar, masih tergolong normal atau tidak. Tekanan semprotan solar umumnya berada pada ukuran 90-110. Untuk Daihatsu Taft umumnya berada dikisaran 90-95. Bila daya tekan solar sudah tidak normal maka ada baiknya lakukanlah penggantian nozzel agar suplai solar dapat berjalan normal.
6. Bila semua langkah diatas telah dilalui maka yang terakhir yaitu setting nozzel alias bosh pomp. Ini menjadi bagian cukup penting mengingat setelan pembakaran tersebut dapat mempengaruhi terhadap tenaga atau horse power yang dikeluarkan saat angkatan awal. Biasanya settingan untuk event sekitar 1:6 - 1:7, sementara untuk harian 1:10 - 1:11.
[nus/timABT, source : Imam Tri Mulyanto/Adjie Motor Sport Jl. MT. Haryono, RT 03/RW 06 No. 48, samping gedung BNN, JakTim]
by http://www.autoblackthrough.com
0 comments:
Posting Komentar